Kamis, 21 Agustus 2014

Cara merawat batik

Berbeda dengan yang lain ,merawat batik memerlukan pengetahuan yang benar bagaimana merawat,mencuci dan cara menjemur semua bahan batik baik batik tulis maupun cap. Kesalahan dan kurangnya pemahaman cara merawat,mencuci dan menjembur akan berakibat fatal,mengingat bahan batik asli harganya relatif sangat mahal dibandingkan dengan yang lain,


Bahan batik memerlukan perlakuan khusus agar corak dan warna batik tidak memudar hanya karena salah dalam perawatanya, Lantas bagaimana cara merawat batik yang baik dan benar? Berikut ini bebrapa tips perawatan batik :
  1. Jangan menggunakan sabun untuk mencuci kain batik. Sabun mengandung soda ash yang bisa melunturkan warna pada kain,pada batik,karena soda ash pada sabun mempunyai sifat panas.Pada umumnya sebagai pengganti sabun adalah bahan lerak untuk mencuci.
  2. Jangan menjemur kain batik ditempat yang panas [kena paparan langsung matahari].Kain batik bila dijemur ditempat yang panas akan merubah warna aslinya,sehingga akan muncul bercak pada kain.Sebaiknya dijemur di tempat yang teduh cukup kena angin saja bisa kering.
  3. Simpan di tempat yang kering tidak lembab.
Itulah beberapa tips perawatan batik yang baik dan benar semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar