Selasa, 26 November 2013

Mengenal sedikit tentang Batik



Batik pada dasarnya merupakan seni budaya masyarakat jawa khususnya di lingkunagan keraton baik Keraton Jogja maupun Solo yang  merupakan cikal bakal eksistensi batik di Indonesia.Meskipun ahir-ahir ini negara tetangga kita Malaysia mengklaim bahwa batik merupakan seni warisan nenek moyang mereka ,tetapi klaim mereka terpatahkan dengan adanya pengakuan badan dunia yaitu UNESCO bahwa batik adalah warisan asli nenek moyang bangsa Indonesia.



Dalam sejarahnya Seni tradisional Batik mengalami pasang surut seiring  dengan munculnya seni modern yang banyak di topang oleh adanya teknologi baru. sehingga muncul berbagai corak seni batik yang hanya di cetak dalam hitungan menit ,sementara untuk membuat batik asli  hand made dibutuhkan waktu berhari hari hingga hitungan bulan baru jadi selembar kain batik asli.

Banyak dikalangan kita khususnya generasi muda yang tidak mengenal tentang Batik tetapi trend batik beberapa tahun terahir setelah adanya pengakuan dari badan dunia PBB tersebut semakin meningkat, bahkan pemerintah selalu mempromosikan batik ke berbagai mancanegara baik itu acara pameran,festival maupun acara-acara resmi pejabat.

Di kalangan artispun batik sudah menjadi trend tersendiri sehingga para desaigner merancang desain batik dengan cara meraka sendiri yang akan memperkaya khasanah seni bagi warisan leluhur bangsa indonesia.Semoga batik akan selalu di hati masyarakat kita.

Demikian sedikit ulasan tentang batik selanjuatnya pada tulisan berikuatnya saya suguhkan cara membedakan batik tulis dengan batik printing




Tidak ada komentar:

Posting Komentar