Sabtu, 16 Agustus 2014

Cara membedakan batik asli dan imitasi


Kebanyakan dari kita tidak memahami mana batik yang asli dengan batik imitasi [ printing ],Bagi yang awam tentang batik akan terkecoh dengan batik printing yang tampak lebih menarik dibanding dengan batik tulis asli.

Mayoritas batik yang beredar dipasaran merupakan batik printing [ imitasi ] karena proses  pembuatanya jauh lebih cepat dengan menggunakan teknologi percetakan hanya membutuhkan beberapa menit untuk membuat puluhan bahkan ratusan lembar kain,sementara proses pembuatan selembar kain batik tulis asli membutuhkan waktu lebih lama antara satu minggu hingga hitungan bulan, itulah mengapa harga batik tulis jauh lebih mahal dari batik printing.

Bagaimana mengenali batik tulis asli[ original ] dengan batik printing?

Inilah beberapa tip sederhana:


Cara mengenali/mengetahui batik tulis yang original
  1. Kenali bahannya, batik tulis yang asli hanya bisa dibuat dari bahan kain katun dan sutera [ silk ].Bahan selain itu tidak bisa diproses untuk pembuatan batik.Bahan selain katun dan sutera bisanya mengandung pollyester semacam plastik jika diproses /boilling[ penggodokan ] akan berkerut dan proses pewarnanya akan sulit karena tidak bisa menempal di bahan tersebut.
  2. Pola/corak gambar, biasanya corak/pola gambar batik tulis tidak teratur sperti batik printing karena pola gambar batik tulis asli dibuat dengan tangan [ handmade ]sementara batik printing/tiruan polanya tetap karena dicetak dengan mesin cetak.
  3. Jika di cuci air bekas cucian akan berwana/luntur.Ini justru menunjukan batik tulis yang asli,tapi tidak perlu kawatir meskipun luntur tidak akan terus menerus,bisanya hanya saat pertama kali mencuci saja.
  4. Dari sisi harga.Orang bilang harga menunjukkan kualitas/ada harga ada rupa. Biasanya harga batik tulis original handmade jauh lebih mahal ,1,5 -10 kali lipat dari harga batik printing.jadi jika harganya murah jangan berharap itu batik tulis handmade.
Itulah sedikit tips sederhana untuk membedakan batik tulis asli buatan tangan atau imitasi [ printing ] semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar